Penjaga gawang mempunyai peranan sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Berkat kepiawaiannya si tangan seribu ini, bola bisa dihalau dan ditangkap. Sehingga serangan lawan bisa dihentikan, dan gol bisa digagalkan. Nah, ini dia catatan salah satu kiper Serieterbaik, yang sering kali gagalkan lawan mencetak gol.

 

Handal Menepis Tendangan Penalti

Emiliano Viviano tercatat sebagai penjaga gawang bagi klub Sampdoria. Ketika timnya berhadapan dengan AC Milan, dirinya mampu menampilkan performa terbaiknya. Pertandingan itu bergulir pada Minggu, 18 Februari 2018. Kiper dengan usia 32 tahun ini sukses membaca dari arah tendangan yang dilesatkan oleh Ricardo Rodriguez. Secara sempurna dia bisa menepis bola, sehingga gol pun gagal disarangkan pemain AC Milan.

 

Aksi penyelamatan atas tendangan penalti itu bukanlah yang pertama. Tetapi yang kedua kali dilakukan oleh Viviano di sepanjang tiga momen di musim ini. Sebelum menyelamatkan gawang dari AC Milan, dia juga melakukan tindakan serupa. Kala itu Sampdoria menjalani pertandingan melawan tim handal AS Roma. Laga ini berlangsung di Stadion Olimpico.

 

Pada pertandingan melawan AS Roma, Emiliano Viviano bisa mencegah kebobolan gol saat tendangan penalti yang dilesatkan oleh Alessandro Florenzi. Hasil akhir pertandingan itu pun cukup memuaskan. Karena Sampdoria bisa memeluk kemenangan meskipun tipis. Berlaga di kandang tim AS Roma, Sampdoria mampu menang satu gol tanpa balas.

 

Kiper Terbaik Bagi Sampdoria

Memang tendangan penalti juga pernah gagal dihadangnya. Kala itu dia terlihat kewalahan melayani adegan penalti yang dilakukan oleh Gonzalo Higuain. Even itu digelar antara Sampdoria kontra Juventus, yang berlangsung pada 19 November 2017 lalu. Meskipun laga itu tetap dimenangkan Sampdoria dengan beda gol yang tipis. Pertandingan itu berakhir dengan skor 3-2.

 

Cedera lutut juga pernah menerpa Viviano. Kondisi ini memaksanya untuk absen dari lapangan hijau selama sembilan laga di permulaan musim. Nah, sejak pekan ke sepuluh dirinya baru mulai merumput lagi. Hingga kini peran pentingnya di bawah mistar gawang Sampdoria tidak tergantikan oleh siapa pun.

 

Pemain ini sudah tampil dalam 16 laga di ajang Serie A. Sebanyak sembilan klub sepak bola pernah dibelanya. Dia pun mencatatkan diri pernah melakukan penyelamatan sebanyak 52 kali, dan kebobolan gol hingga 21 kali. Dengan kinerjanya yang terbilang gemilang, sangat wajar kalau dirinya kerap menjadi sorotan publik.

 

Emiliano Viviano memang dikenal dengan visi bertahan yang handal. Dia mampu membaca dengan tepat arah gempuran lawan. Kiper ini pernah perkuat AC Milan saat usianya baru 19 tahun. Pernah juga membela sejumlah klub di Serie B, seperti Cesena, dan Brescia. Selanjutnya di musim panas 2009, dia memilih hijrah ke Bologna, salah satu klub yang berlaga di ajang Serie A.

 

Catatan Panjang Karier Emiliano Viviano

Kiper ini pun juga pernah membela Inter Milan di tahun 2011. Cedera kaki kirinya memaksa dia harus rela selalu dicadangkan. Sehingga kesempatan merumput tidak pernah didapatkannya. Dia pun memutuskan untuk hengkang ke Palermo. Kemdian dia dipinjakan ke Fiorentina.

Performanya selama di Fiorentina ternyata sangat apik. Dia sukses menjalani 32 laga, dan tembus ke posisi kedua sebagai kiper timnas Italia. Posisinya itu di bawah langsung kiper handal Gianluigi Buffon. Dia kembali lagi ke Palermo di musim 2013-2014.

 

Perjalanan karier Emiliano Viviano sebagai penjaga gawang dilalui dengan berpindah-pindah klub. Tapi justru dari situlah dia banyak belajar, dan sekaligus meningkatkan kinerjanya. Kini terbukti, kiper ini tercatat sebagai salah satu yang terhandal. Berkat kehandalannya dalam menggagalkan lawan menciptakan gol.

Kiper Serie A Ini Tercatat Sebagai yang Terhandal