Liverpool akan menjamu Manchester City di Anfield pada 5 April dinihari WIB di leg pertama perempat final Liga Champions, ini merupakan konfrontasi antara dua pelatih Eropa yang paling kharismatik, Jurgen Klopp dan Pep Guardiola, selain itu kedua tim juga merupakan tim yang sama – sama memiliki lini depan yang subur.

 

Sejak menangani Borussia Dortmund dan Liverpool, Jurgen Klopp telah enam kali menang dari 12 kali pertemuan dengan tim Guardioda yang menangani Bayern Muenchen dan Manchester City, sementara Guardiola 5 kali menang.

 

Tim Jurgen Klopp telah kebobolan delapan gol dalam dua pertemuan dengan City di Liga Premier musim ini, yaitu saat kalah 5-0 di Etihad dan kemenangan 4-3 di Anfield, sehingga the Reds perlu meningkatkan lini pertahanan untuk bisa meredam City. Klopp berharap dengan didatangkannya Virgil van Dijk dapat memperkuat lini belakang, tapi seperti saat kalah di Old Trafford  bulan lalu, bahkan dengan Van Dijk  pertahanan Liverpool masih sangat rentan, mengingat lini depan City yang cepat dan cerdik.

 

Sementara itu Manchester City punya titik lemah di bek kiri, setelah Benjamin Mendy cedera pada bulan September,  namun Guardiola memiliki banyak pemain serba guna. Guardiola memilih bek tengah Prancis Aymeric Laporte untuk posisi bek kiri saat kemenangan 3-1 lawan Everton, kemungkinan ini merupakan gladi resik untuk laga perempat final Liga Champions. Namun siapapun yang akan menempati posisi ini, akan mempunyai tugas menjaga Mohamed Salah yang telah mencetak 37 gol di semua kompetisi musim ini.

 

Bek Liverpool Trent Alexander-Arnold adalah pemain berbakat dan menjanjikan, namun di laga ini ia menghadapi tantangan besar  melawan kecepatan dan keterampilan sayap kiri Jerman, Leroy Sane. Jika dibiarkan satu lawan satu dengan Sane, akan menjadi laga yang sulit untuk Alexander-Arnold.

 

Liverpool dan Mancherster City adalah pencetak gol terbanyak di Liga Premier, Liverpool 75 dan City 88. Sehingga perempat final Liga Champions ini menjadi panggung yang sempurna untuk berhadapan. Tiga ujung tombak  Liverpool Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah telah mencetak 75 gol dalam 119 laga di semua kompetisi, sementara kuartet Leroy Sane, Raheem Sterling, Sergio Aguero dan Gabriel Jesus telah mencetak 76 gol dalam 149 laga. Ini memperlihatkan betapa besar ketergantungan Liverpool pada trio lini depan mereka

Liverpool vs Manchester City Jelang Perempat Final Liga Champions